Senin, 30 Juni 2014

Membangun Aplikasi Client Server Dengan Bahasa Pemrograman Java

Bahasa pemrograman java banyak diaplikasikan dalam berbagai program maupun aplikasi yang berbasis PC atau mobile. Salah satu penerapannya adalah pada program chatting, dipilihnya bahasa java sebagai bahasa pembuatan program ini dikarenakan dalam java memiliki kelas thread sebagai kelas default yang tidak dimiliki oleh bahasa pemrograman lain. Program chat ini terdiri dari dua sisi, yaitu sisi client dan server. Dalam pembuatan aplikasi chatting ini, kita harus menyiapkan dua buah PC/Laptop atau lebih untuk satu dijadikan sebagai server, dan yang lainnya dijadikan sebagai Client. 

Hasil Eksekusi Program 
Server





Client









Untuk penjelasan selanjutnya, silakan klik link ini.







Membangun Aplikasi Browser Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Java

Program ini digunakan untuk membuat pilihan browsing berdasarkan pilihan yang kita buat. Pastikan PC/Laptop anda terkoneksi dengan internet, selanjutnya kita jalankan program browsing.java dengan cara mengklik ctrl+1 untuk memastikan bahwa program sudah berjalan dengan benar, kemudian klik tombol ctrl+2. Berikut adalah listing code aplikasi browser :

import java.io.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import java.net.*;
import java.util.Scanner;
public class inibrowser{
public static void main
(String[] args)
{
try {
BufferedReader input= new BufferedReader
(new InputStreamReader(System.in));

int menu=0;
int pil;
Scanner masuk = new Scanner(System.in);
while(menu==0)
{
System.out.println
("==================================");
System.out.println
("1.Membuka URL web *");
System.out.println
("2.Pencarian Google *");
System.out.println
("3.Pencarian Gambar di Google *");
System.out.println
("4.Google Translate *");
System.out.println
("5.Cari berita *");
System.out.println
("6.EXIT *");
System.out.println
("==================================");
System.out.println
("");
System.out.println
("Masukkan Pilihan :");

pil = masuk.nextInt();
if
(pil < 1 || pil > 6)
{
System.out.print("");
System.out.print("");
System.out.println("Input Salah!!");
}
else if
(pil==6)
{
System.exit
(0)
;}
switch(pil)
{

case 1:
String URL = null;
System.out.print
("Masukkan URL :");
URL = input.readLine();
java.awt.Desktop.getDesktop().browse(java.net.URI.create(URL));

break;
case 2:
String src2 = null;
System.out.print
("Masukkan Kata Pencarian :");
src2 = input.readLine();
java.awt.Desktop.getDesktop().browse(java.net.URI.create("https://www.google.com/search?q="+ src2));

break;
case 3:
String gmbr3 = null;
System.out.print
("Masukkan Nama Gambar :");
gmbr3 = input.readLine();
java.awt.Desktop.getDesktop().browse(java.net.URI.create
("https://www.google.co.id/search?site=imghp&tbm=isch&source=hp&biw=1360&bih=642&q="+gmbr3));

break;
case 4:
String kata4 = null;
System.out.print
("Masukkan Kata Yang Akan Diterjemahkan : ")
;
kata4 = input.readLine();
java.awt.Desktop.getDesktop().browse(java.net.URI.create("https://translate.google.co.id/?hl=id&tab=wT#en/id/"+kata4));

break;
case 5:
String kata5 = null;
System.out.print
("Masukkan Berita Yang Akan Dicari : ");
kata5= input.readLine();
java.awt.Desktop.getDesktop().browse(java.net.URI.create("http://search.viva.co.id/search?m=art&q="+kata5));

break;
}
}
}
catch
(
Exception ex
)
{System.out.println
("Error")
;}
}
}

Tampilan program setelah dieksekusi adalah seperti ini.

  

Untuk lebih jelasnya, silakan klik link ini.




Jumat, 27 Juni 2014

Membuat Program MultiClient Chatting Client-Server Menggunakan Bahasa Pemrograman Java Berbasis Grafis

Chatting memungkinkan kita untuk selalu bisa berkomunikasi dengan orang lain meskipun kita tidak sedang bersama orang tersebut. Aplikasi chatting merupakan suatu aplikasi yang  memungkinkan pengguna (client) berkomunikasi dengan teks secara langsung (RealTime) dengan pengguna lain dengan menggunakan media yang ada.

Java merupakan suatu bahasa pemrograman yang multiplatform dan multidevice. Java juga merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek dan program java tersusun dari bagian yang disebut kelas. 
Pada bagian ini, saya akan membuat aplikasi chatting berbasis grafis (seperti tampilan foto) menggunakan bahasa pemograman java. Pertama yang harus dilakukan adalah menyetting alamat IP pada masing-masing PC. Kita menggunakan satu server dan satu client.

Pertama yang harus dilakukan kita terlebih dahulu melakukan setting alamat IP pada masing-masing client. Setelah melakukan konfigurasi IP pada masing-masing komputer, kemudian kita juga harus memastikan bahwa firewall pada masing-masing komputer harus dinonaktifkan karena pada beberapa kasus, program ini tidak dapat saling terkoneksi akibat firewall yang aktif pada sistem operasinya.

Untuk Listing Program & Hasil Eksekusinya dapat di download di sini.

Kamis, 26 Juni 2014

Melihat Info Server dan Info Client Menggunakan Bahasa Pemrograman Java

Pada kesempatan kali ini, saya akan membuat program yang digunakan untuk mengetahui info server dan info client suatu komputer. Berikut adalah listing codenya dan eksekusi dari program yang telah dibuat.

infoserver.java
import java.io.*;
import java.net.*;
import java.util.*;

public class infoserver {
private final int INFO_PORT=50000;
private String datafromClient;

public infoserver() {
BufferedReader inFromClient;
DataOutputStream outToClient;
Socket serverSocket;
try {

ServerSocket infoserver =
new ServerSocket(INFO_PORT);
System.out.println("Server siap...");

while (true){

serverSocket = infoserver.accept();
System.out.println("Ada client" +
"yang terkoneksi!");

inFromClient =
new BufferedReader(
new InputStreamReader(
serverSocket.getInputStream()));
outToClient =
new DataOutputStream(
serverSocket.getOutputStream());
outToClient.writeBytes("InfoServer versi 0.1\n"+
"hanya untuk testing..\n"+
"Silahkan berikan perintah TIME|NET|QUIT\n");

boolean isQUIT = false;
while (!isQUIT) {
datafromClient = inFromClient.readLine();
if (datafromClient.startsWith("TIME")){
outToClient.writeBytes(new
Date().toString() + "\n");
} else if (datafromClient.startsWith("NET")){
outToClient.writeBytes(
InetAddress.getByName("localhost").toString()+
"\n");
} else if (datafromClient.startsWith("QUIT"))
{
isQUIT = true;
}
}
outToClient.close();
inFromClient.close();
serverSocket.close();
System.out.println("Koneksi client sudah tertutup..");
}
}
catch (IOException ioe) {
System.out.print("error:" + ioe);
}
catch (Exception e) {
System.out.print("error:" + e);
}
}

public static void main(String[]args) {
new infoserver();
}
}


Jalankan program yang telah dibuat. Dengan cara klik ctrl+1 lalu ctrl+2, maka tampilan server akan seperti berikut :



 infoclient.java
import java.net.*;
import java.io.*;
import java.util.*;

public class infoclient {
private final int INFO_PORT=50000;
private final String TargetHost = "localhost";
private final String QUIT = "QUIT";

public infoclient() {
try {

BufferedReader inFromUser =
new BufferedReader(new
InputStreamReader(System.in));

Socket clientSocket = new
Socket(TargetHost, INFO_PORT);

DataOutputStream outToServer =
new DataOutputStream(
clientSocket.getOutputStream());

BufferedReader inFromServer =
new BufferedReader(
new InputStreamReader(
clientSocket.getInputStream()));

System.out.println(inFromServer.readLine());
System.out.println(inFromServer.readLine());
System.out.println(inFromServer.readLine());
System.out.println("");
boolean isQuit = false;
while (!isQuit) {

System.out.print("Ketikkan Perintah Anda : ");
String cmd = inFromUser.readLine();
cmd = cmd.toUpperCase();
if (cmd.equals(QUIT)) {
isQuit = true;
}
outToServer.writeBytes(cmd + "\n");
String result = inFromServer.readLine();
System.out.println("Dari Server: " + result);
}

outToServer.close();
inFromServer.close();
clientSocket.close();
}

catch (IOException ioe) {
System.out.println("Error:" + ioe);
}

catch (Exception e) {
System.out.println("Error:" + e);
}
}
public static void main(String[]args) {
new InfoClient();
}
}

Kemudian running juga program InfoClient.java dengan cara klik ctrl+1 lalu ctrl+2, maka tampilan akan seperti berikut :


Lihat ke bagian jendela server. Ketika Client telah terkoneksi dengan server, maka tampilan akan seperti berikut :



Lalu kembali ke jendela Client untuk memilih perintah. Masukkan perintah yang anda inginkan, seperti untuk melihat waktu, dan jaringan yang terdapat di PC/Laptop anda.



Untuk lebih jelasnya, silakan klik di sini.






Senin, 23 Juni 2014

Melihat Nama PC Menggunakan Aplikasi Dengan Pemrograman Java

Pada bahasan kali ini, saya akan membuat aplikasi pengambilan nama PC menggunakan pemrograman java. Berikut adalah listing programnya beserta eksekusi programnya :

import java.net.*;
public class AmbilNama {
public static void main(String args[]) throws Exception {
       InetAddress host = null;
       host = InetAddress.getLocalHost();
       System.out.println("Nama Komputer Anda: " + host.getHostName());
       }
}

Setelah selesai membuat listing program ke TextPad, simpan file dengan nama “AmbilNama.java” lalu klik ctrl+1 lalu ctrl+2, maka tampilannya seperti berikut :



Untuk lebih jelas, file tentang bahasan ini dapat di download di sini.



Mengambil IP Pada PC Menggunakan Bahasa Pemrograman Java

Pada bahasan kali ini, saya akan membuat perintah menggunakan java untuk memanggil local host pada PC saya. Berikut adalah listing programnya dan eksekusi programnya :


import java.net.*;
public class AmbilIP{
public static void main(String[]arg){
try{
InetAddress ip =
InetAddress.getByName("Localhost");
System.out.println(ip.getHostAddress());
System.out.println(ip.getHostName());
}
catch(UnknownHostException e){
System.out.println(e);
}
}
}





Untuk lebih jelasnya, silakan klik link berikut ini.