Jumat, 27 Juni 2014

Membuat Program MultiClient Chatting Client-Server Menggunakan Bahasa Pemrograman Java Berbasis Grafis

Chatting memungkinkan kita untuk selalu bisa berkomunikasi dengan orang lain meskipun kita tidak sedang bersama orang tersebut. Aplikasi chatting merupakan suatu aplikasi yang  memungkinkan pengguna (client) berkomunikasi dengan teks secara langsung (RealTime) dengan pengguna lain dengan menggunakan media yang ada.

Java merupakan suatu bahasa pemrograman yang multiplatform dan multidevice. Java juga merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek dan program java tersusun dari bagian yang disebut kelas. 
Pada bagian ini, saya akan membuat aplikasi chatting berbasis grafis (seperti tampilan foto) menggunakan bahasa pemograman java. Pertama yang harus dilakukan adalah menyetting alamat IP pada masing-masing PC. Kita menggunakan satu server dan satu client.

Pertama yang harus dilakukan kita terlebih dahulu melakukan setting alamat IP pada masing-masing client. Setelah melakukan konfigurasi IP pada masing-masing komputer, kemudian kita juga harus memastikan bahwa firewall pada masing-masing komputer harus dinonaktifkan karena pada beberapa kasus, program ini tidak dapat saling terkoneksi akibat firewall yang aktif pada sistem operasinya.

Untuk Listing Program & Hasil Eksekusinya dapat di download di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar